Home / Jajanan / Martabak Manis, Jajanan Malam yang Disukai Semua Kalangan

Martabak Manis, Jajanan Malam yang Disukai Semua Kalangan

Martabak Manis, Jajanan Malam yang Disukai Semua Kalangan

Martabak dalam bahasa Arab berarti terlipat, merupakan sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi. Nama dan komposisi martabak berbeda dan bervariasi, bergantung pada lokasi daeahnya. Di indonesia ada martabak telur dan martabak manis. Di Malaysia, martabak manis (yang dikenal dengan nama Apam Balik) sering dijadikan sebagai hidangan sarapan dengan ditemani segelas teh tarik.Martabak Manis

Nama jajanan ini bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Di kota Semarang dikenal dengan sebutan Kue Bandung. Di kota Yogyakarta serta sebagian besar kota yang berada di wilayah Indonesia bagian timur, orang menamakannya kue bulan atau terang bulan, karena bentuknya yang bulat seperti bulan.

Kamu tidakk harus beli di luar jika ingin martabak manis, karena sebenarnya bisa buat sendiri dengan rasa yang enak, mengembang dan empuk jika tahu resepnya. Nah, ingin bisa buat martabak manis yang seperti itu kan? Ikuti saja resep berikut ini.

Bahan adonan:

 

  • 140 gr tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung kanji
  • 1 butir telur (suhu ruangan atau tidak pernah masuk kulkas)
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok the  garam
  • margarin secukupnya

Topping:

  • susu kental manis secukupnya
  • meses secukupnya
  •  keju dan lainnya (sesuai selera)

 

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan adonan kecuali baking soda. Kemudian, aduk adonan  dengan whisk atau mixer hingga halus dan tidak bergerindil. Setelah itu tutup dengan kain atau plastik dan diamkan selama 45 menit.
  2. Setelah didiamkan, buka penutup dan masukkan baking soda, kemudian aduk rata. Lalu diamkan lagi selama 15 menit. Setelah itu aduk-aduk terus adonan agar banyak udara yang masuk.
  3. Selanjutnya, panaskan teflon dengan api kecil, lalu  oles dengan margarine sampai rata. Setelah teflon benar-benar panas, tuangkan  adonan,kemudian  ratakan. Setelah itu, tutup teflon agar panasnya merata, tetap dengan api yang kecil.
  4. Sesekali cek adonan martabak, jika sudah berlubang-lubang dan matang pada permukaan atas adonan  atasnya, beri taburan gula. Kemudian, angkat dan oles dengan margarin selagi panas.
  5. Terakhir, taburi dengan topping sesuai selera. Bisa dengan meses, keju, dan susu. Berikan topping favoritmu ke atas permukaan martabak selagi hangat. Potong-potong kue martabak sesuai selera. Martabak manis siap santap selagi hangat bersama keluarga.

Check Also

Resep Bala-Bala, Bakwan Khas Jawa Barat

Bala-Bala, Bakwan Khas Jawa Barat Bakwan merupakan makanan sejenis gorengan yang terbuat dari sayuran dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *